Home Ideas
Ngawadul : Curat Coret Tulas Tulis :)
Surat Save Jatigede Untuk Jokowi PDF Print E-mail
Sunday, 14 December 2014 04:06

SpandukKomunitasKabuyutan

On behalf of the people of the Kabuyutan, we would like to  appreciate Bang Arya Sinulingga, Teh Laras, Para Kasepuhan Komunitas Kabuyutan, YLBHI yg telah membantu dalam perjuangan kami... hehehe so gaya pake bahasa linggis soalnya english day saur Mang Emil mah. Pokona mah tararengkyuuuu pisan lah hehehe.

Bang Arya Pemred MNCGroup sudah berkenan mengirimkan Tim Delik RCTI ke Kabuyutan Cipaku dan Jatigede mudah2an bisa mengekpose sisi lain yg sebelumnya di media hanya beredar issue seputar ganti rugi sajah padahal yg menikmati ganti rugi mah para mafia hehehe dari mulai mafia tanah dan mafia rumah hantu yg bermain...sebenernya banyak issue2 lain yg jauh lebih penting seperti issue budaya, potensi bencana, sumber daya alam, lingkungan, geologi, sosial, ekonomi, konflik agraria, dll.

Teh Laras akhirnya mentraktir Mamang di Chatter Box Plaza Senayan sambil bertemu Senior ITB yang punya akses ke Jokowi dan memberikan masukan yg berharga tentang bagaimana caranya membuat bahan presentasi atau informasi yg lebih Jokowi Friendly xixixi... Dengan polosnya Mamang membuat bahan presentasi yg sedikit ngayayay 62 Slide kalo ngak salah hehehe... akhirnya harus disummarykan menjadi 4 lembar yg mudah2an lebih enak dibaca oleh Jokowi hehehe berkat gawe rancage babarengan dengan para kasepuhan beberapa bait2 sakti pun akhirnya bisa tertuliskan xixixi Mamang juga suprise akhirnya bisa... Walopun jauh dari kata sempurna tapi minimal sudah lebih baik hehehe. Seperti yg Teh Laras sampaikan takutnya Jokowi belum mendapat info yg lengkap dan tergesa2 mengambil keputusan.

YLBHI bersama dengan Pak Sri Bintang Pamugkas infonya sedang mengupayakan utk bertemu Sekab utk memperjuangkan jangan sampai Jokowi menandatangani Kepres Operasional Penggenangan Jatigede. Semoga dilapangkan jalannya :). Kang Odjat kasepuhan pituin Cipaku menyampaikan perjuangan ini bakal ibarat lari marathon yg pasti menguras stamina, kalau dalam Mithos ala Kabuyutan dan Pewayangan mah mah ibarat Wawacan Mundinglaya Dikusumah atau Neangan Layang Jamus Kalimushada beraaaaat euy hehehe it's almost impossible tapi ... alhamdulillah dengan sisa2 energi yg ada dan para kasepuhan lah yg terus memberi semangat setiap datang ke Kabuyutan memberikan tambahan energi begitu juga melihat http://www.facebook.com/SaveJatigede/ yg tiap hari terus bertambah "ngeureuyeuh" pelan-2 sekarang sudah 700 yg LIKE :). Yg bikin reugreug/ tenang teh Pareugreug xixixi mudah2an Mestakung :)

Mamang pun jadi banyak belajar tentang cara berkomunikasi dan berkoordinasi dgn para senior, ya walaupun titik akhirnya tidak tahu bagaimana hasilnya nanti tapi Mamang tidak focus on the result, pokoknya prosesnya dijalani sajah, hasilnya gimana nanti Mamang serahkan ke Alloh SWT sajah Nu Kawasa, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam :). Kata kasepuhan juga memang ini teh Jatigede ~ Jati : Tuhan, Gede : Besar... ini memang tanda kebesaran Tuhan, akan indah pada akhirnya nanti.

Terlampir Oret-oretan Komunitas Kabuyutan tentang Jatigede untuk Jokowi, barangkali ada yg berkenan menyampaikannya ke Beliau atau ke pihak2 yg terkait semoga Yang Maha Kuasa memberikan balasan yg lebih atas semua kebaikannya :). Berikut ini juga Mamang kirimkan Foto2 Kabuyutan Cipaku yang saat ini sedang sibuk menanam padi menyediakan pasokan pangan untuk masyarakat Indonesia :). Sesuai dengan hadist Rosululloh SAW bahwa walaupun besok pagi dunia akan kiamat dan kita memegang biji korma maka tanamlah :).

Ada foto juga anak kampung yg sedang nangkap belut, salah satu ciri khas tanah yg masih subur dan alami adalah belut masih berlimpah :). Oleh karenanya Kabuyutan Cipaku mah Desa Mandiri atau Self Sustained Village sebenernya karena hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi sendiri :). Dunia mau krisis moneter pun mereka masih bisa hidup dengan kearifan budaya lokalnya. Yang masih belum bisa Mamang bayangkan ketika mereka kemudian terusir dari Kabuyutannya maka barangkali Founding Father kita Bung Karno akan menangis di alam baka sana. Karena beliau sangat menghormati Mang Marhaen petani di Bandung Selatan yang memiliki dan mengelola sawahnya sendiri :).

Marhaenismeu ~ Mang Marhaen : Berdikari ~ Berdiri di atas kaki sendiri tidak hanya menjadi penonton dan hanya jadi konsumen sajah. Sekali lagi Hanupis ~ hatur nuhun pisan Bang Arya, Teh Laras, Para Kasepuhan, dan rekan2 yg berkenan membaca imel2 dari Mamang yg eta deui... eta deui xixixi. Wayahnya ya... mengutip Filem Independence Day... Dimana bumi sedang diserbu oleh segerombolan serangga xixixi... We will not surrender without a fight xixixi.

Wilujeng malem jumaahan sadayana. Apabila berkenan, mohon utk yg peduli terhadap penyelamatan Kabuyutan Cipaku dapat membaca Mantra Piburungan Sangkuriang berikut ini, "urung-urung sangkuriang cimanuk burung dibendung cai banyu pada lungga mulia badan sampurna". Kasepuhan menyampaikan mantra ~ do'a dan Insya Alloh apabila lebih dari 40 orang do'a nya akan dikabulkan :).

pun sapun kaluluhuran...

nuhuuuns,
mang asep kabayan
www.dkabayan.com

Sumedang, 10 Desember 2014

Kepada Yth

Presiden Republik Indonesia

Bapak Ir. H. Joko Widodo

Di Jakarta

Perihal: Penyelamatan Pusaka Warisan Budaya Kabuyutan Cipaku dan Laboratorium Kebumian Jatigede Sumedang Yang Akan Ditenggelamkan Oleh Bendungan Jatigede

Dengan Hormat,

Sebelumnya kami mengucapkan selamat kepada Bapak atas dilantiknya menjadi Presiden Republik Indonesia Periode 2014 – 2019, semoga kepemimpinan Bapak dapat memberikan harapan baru bagi seluruh rakyat Indonesia.

Perkenankan kami Komunitas Kabuyutan, komunitas yang peduli akan kelestarian fungsi sumber daya alam, kelestarian budaya lokal, kelestarian situs-situs cagar budaya, dan keluhuran nilai- nilai spiritualitas masyarakat Indonesia, menyampaikan informasi dan usulan kepada Bapak. Saat ini kami sedang berusaha menyelamatkan Situs Cagar Budaya Kabuyutan Cipaku dan Laboratorium Kebumian Jatigede yang berlokasi di Kabupaten Sumedang yang saat ini terancam akan ditenggelamkan oleh Bendungan Jatigede.

Read more...
 
Tritangtu Kabayan PDF Print E-mail
Thursday, 13 February 2014 00:56

Tritangtu Kabayan xixixi... Bos Mamang dulu pernah ngasi tahu, "If you can dream it, you can do it! If you think you can do it, just do it! If you think you can't do it, forget it! hehehe. Bismilah weh ah... by the power of NGEUREUYEUH & Bismilah! Let's do it".... tariiiiiiiiik maaaang hehehe... sugan kaumuran jeung katanagaan . Energi Kabayan hehehe... alami, sederhana, keur balarea... jadi inget Ki Hasan carita ngeunaan di Barat, Jurig/ Hantu oge ditaliti rek dijadikeun Sumber Energi keur Listrik hahaha. Energi Guludug? Energi Hitut? hehehe... kudu ngalamun heula malem jum'at ieu sugan meunang wangsit hehehe. Nu geus kapikir sih di Balong aya cai ngalir teu eureun-2 hehehe... Kang Ronzlandy Bakri & Bang Risnando Leboy sudah ngasi saran MIKROHYDRO hehehe.


 
Pangan Kabayan Ngeureuyeuh Euy PDF Print E-mail
Wednesday, 12 February 2014 03:15

Alhamdulillah, Balong Kabayan n' Kabayan Grup, http://pangankabayan.blogspot.com xixixi... ngeureuyeuh / pelan- pelan / step-by-step membuka tambahan usaha kecil-kecilan... bibiritik tea hehehe mun keyeng tangtu pareng tea... menyediakan aneka kebutuhan pangan sehari- hari keluarga Indonesia yang sehat, alami, tanpa bahan pengawet, diberi nama Warung Pangan Kabayan hehehe. Pokona All About Kabayan weh lah.

Pangan Kabayan menyediakan fillet ikan spesial yang alami langsung dari pembudidaya Ikan temen Mamang soulmet malah babaturan SMA jeung Kuliah yang sudah bergelut dengan dunia ikan sejak lama pisan sami-2 ngeureuyeuh oge hehehe mulai ti Ikan Patin, Lele, dan Gurame dalam berbagai kemasan mulai 250gr. Fillet ikan bebas duri, bebas kepala, bersih higienis sudah dicuci, tinggal kasi bumbu sesuai selera maka tinggal masak deh dan tawawaaaaw jadi makanan yang sehat untuk keluarga anda. Sangat praktis untuk kegiatan masak memasak keluarga terutama yg punya kesibukan tinggi contohnya pada saat menyediakan sarapan pagi buat anak- anak tercinta. Ikan adalah makanan yang paling sehat sejagat raya, rendah kolesterol, mengandung vitamin A, bagus untuk pertumbuhan anak-anak.

Read more...
 
Listening, Ancient Wisdom Kabuyutan PDF Print E-mail
Friday, 20 December 2013 00:34

Salah satu ancient wisdom dari Tatar Sunda yg merupakan bagian dari rangkaian prinsip silih asah, silih asuh, silih asih n' silihwangi adalah "jadi jelema kudu bisa ngaragap hate batur", jadilah manusia yang bisa meraba hati/ mengerti perasaan orang lain, nah dalam tatanan leadership dan/ ataupun enterpreneurship serta dalam aplikasi kehidupan sehari-2 menurut Mamang prinsip itu cukup penting untuk dipahami dan diaplikasikan dalam berbagai kesempatan. Dalam ilmu marketing n' communication ada istilah "listening", sampe-2 ada iklan perusahaan besar yg secara prinsip mengutip kalimat tsb... "Always listening, always understanding" tea . Banyak dari kita yang tidak mau Ego-nya berkurang, hanya memperdulikan diri sendiri dan tidak mau mendengarkan/ peduli terhadap orang lain, kalau kata Abah Darso the phenomenon mah mawa karep sorangan tea, kalakuan sakarep isun, sampe-2 kajongjonan n' kamalinaan bahkan banyak diantaranya yg merekedeweng, tanpa disadari banyak pihak yg kemudian kehilangan respek sehingga malas bermitra atau bersinergi dgn kita bahkan bisa menimbulkan pacengkadan atau permusuhan.


Read more...
 
Kabuyutan Solusi Kemajuan Bangsa PDF Print E-mail
Tuesday, 26 November 2013 06:05

Kabuyutan dalam Kosmologi Masyarakat Sunda dahulu merupakan tempat pendidikan moral dan spiritual yang alami (harmonis/ menyatu dengan alam). Kabuyutan dalam konteks modern dapat disamakan dengan Sekolah Alam atau Pesantren Alam. Kabuyutan memiliki peran sangat penting dalam Tri Tangtu Masyarakat Sunda (Tiga Penentu Kebijakan Dunia) yang urutannya adalah Resi (Guru Pendidik), Ratu (Pemimpin Pemerintahan), dan Rama (Orang Tua Tokoh Masyarakat). Hal tersebut juga tercermin dalam peribahasa yang beredar secara turun temurun di masyarakat Sunda yaitu Guru, Ratu, Wong Atua Karo. Guru ditempatkan ditempat yang paling penting (utama) karena masyarakat dahulu menyadari pentingnya pendidikan terutama pendidikan budi pekerti/ moral dan spiritual bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Teori modern dari dunia barat pun sangat menyadari pentingnya peranan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan yang akan menentukan kemajuan suatu bangsa/ negara.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>

Page 1 of 8